Mengenal Jenis-jenis Ibadah Haji

Mengenal Jenis-jenis Ibadah Haji Dengan Baik


Bagi seorang jemaah haji, sangat penting untuk mengenal jenis-jenis ibadah haji agar dapat melihat dan memilih jenis haji apa yang sesuai dengannya. Setiap Jemaah bebas memilih jenis ibadah haji yang ingin dilaksanakan, sebagaimana terlihat dalam hadis  berikut ini :
Aisyah RA berkata : Kami berangkat beribadah bersama Rasulullah SAW dalam tahun hajjatulk wada. Diantara kami ada yang berihram, untuk haji dan umroh dan ada pula yang berihram untuk haji. Orang yang berihram untuk umroh ber-tahallul ketika telah berada di Baitullah. Sedang orang yang berihram untuk haji jika ia mengumpulkan haji dan umroh. Maka tidak melakukan tahallul sampai dengan selesai dari nahar.
Berdasarkan riwayat yang shahih dari Rasulullah SAW, ada tiga jenis haji yang dapat dilaksanakan, masing-masing jenis haji tersebut memiliki nama dan tata cara pelaksanaan yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Haji Tamattu’

Haji taamatu’ adalah mengerjakan umroh di bulan-bulan haji, baru kemudian setelah itu menbunaikan ibadah haji ditahun yang sama ibadah umroh dilaksanakan terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah haji, dan diselingi dengan Tahallul. Cara pelaksanaannya adalah dengan niat umroh dari miqat dalam keadaan ihram. Kemudian ihram lagi di Mekkah untuk haji, dilanjutkan dengan membayar dam. Dalam pelaksanaan haji tamattu’ ini disunahkan melakukan Tawaf Qudum.

Haji Qiran

Haji qiran bererti mengerjakan ibadah haji dan umroh pada waktu yang bersamaan, tanpa diselingi Tahallul,jemaah yang ihram dengan qiran harus tetap dalam keadaan ihram hingga selesai mengerjakan umroh dan haji. Pelaksanaannya adalah ihram dari miqat untuk haji dan umroh sekaligus, melakukan semua pekejaan haji, tetap berihram kecuali pada hari nahar, berihram untuk umroh terlebih dahulu kemudian memasukan ibadah haji sebelum memasukan ibadah haji sebelum belaksanakan Thawaf Umroh. Jemaah wajib membayar dam sebagaimana Haji Tamattu.

Haji Ifrad


Haji ifrad adalah haji dengan melaksanakan ibadah haji dahulu kemudian melaksanakan ibadah umroh, diselingi Tahallul. Pelaksanaan haji ifrad adalah dengan ihram dari miqat umtuk haji, kemudian ihram lagi dari miqat untuk umroh, dan tetap ihram hingga hari nahar atau tanggal 10 Dzulhijah. Setelah itu melakukan thawaf, sa’i dan bercukur. Ibadah haji ifrad tidak membayar dam.

Oleh : MDmedia
informasi Biaya Paket Haji Plus 2015 -2016 Hubungi 021-33332246
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mengenal Jenis-jenis Ibadah Haji"