Shalat Sunnah Safar Sebelum berangkat Umroh

Tata Cara, Niat dan Doa Shalat Safarte

Shalat Sunah safar adalah merupakan shalat sunnah yang dilakukan ketika hendak akan  melakukan sebuah perjalanan ( safar ). Shalat ini biasanya dilakukan pada saat akan melakukan perjalanan jauh seperti perjalanan ibadah umroh dan haji.

Cara Pelaksanaan Shalat Safar

Sebelum kita meninggalakan rumah atau berangkat, kita sudah memakai pakaian yang hendak dipakai kemudian kita melaksanakan shalat safar sebanyak dua rakaat. Pada dasarnya pelaksaaan shalat nya sama dengan shalat sunnah lainnya, yaitu dimulai dengan Niat, membaca Takbiratul Ihram, kemudian membaca Surat Al-Fatihah. Pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Kaafirun dan pada rakaat kedua sesudah Al-Fatihah membaca surah Al-Ikhlas.
Sesudah memberi salam lalu membaca ayat kursi dan surah Al-Quraishy sebanyak satu kali dengan meniatkan menjadi pemelihara diri kita sendiri bersama rombongan, dan orang yang ditinggalkan serta menyerahkan diri, keluarga dan harta benda kepada Allah SWT, kemudian membaca doa.

 Doa Setelah Shalat Safar

Setelah membaca Shalat safar kemudian membaca doa Sebagai berikut :
Artinya :  Ya Allah hanya kepadaMU lah aku menghadapkan wajahku dan hanya kepadaMU lah aku berpegang teguh (berlindung). Ya Allah cukupkanlah bagiku perkara yang menyusahkanku dan yang tidak menyusahkanku. Ya Allah bekalilah aku dengan ketaqwaan dan ampunilah dosaku.

Do'a Hendak Keluar Rumah

Setelah melakukan shalat safar, dan hendak mulai meninggalkan rumah, dianjurkan membaca :

Bismillahi tawakkaltu ‘alallah la hawla wala quwwata illa billahil aliyyil adhim
Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung

Demikian artikel singkat dari mengenai seputar perihal tentang Cara, Niat, dan Doa Shalat Safar, semoga bermanfaat.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Shalat Sunnah Safar Sebelum berangkat Umroh"